Minggu, Desember 14, 2008

Trend Seragam Sekolah Cewek Masa Kini

Di sekolah-sekolah umum…
TK :Rok mini selutut dengan atasan kemeja kerah bundar lengan pendek… (wajar lah…masih balita…belum wajib nutup aurat…)
SD :Rok merah lipid-lipid sepanjang lutut dengan kemeja lengan pendek dan masih longgar… (boleh lah…selama belum baligh…)
SMP :Rok biru selutut dengan kemeja lengan pendek, mulai agak ngepas badan tapi tetep rapi… (tansisi… udah baligh belum? Kalau udah,…)
SMA :Rok abu-abu mini, ketat, turun pinggang dengan atasan press body… (Lho kok???)

Seiring kedewasaan, muncullah keunikan-keunikan di tubuh seorang wanita. Keunikan yang wajar dimiliki oleh para wanita dewasa. Bentuk fisik yang berubah. Mengiringi perubahan itu, penampilan pun jadi berbeda. Selama bergeser ke arah positif sih, OK OK aja, tapi kalo sebaliknya?! Kan jadi “berbeda”. Bahkan penampilan yang “berbeda” itu nggak hanya di lingkungan rumah aja, tapi udah dibawa ke lingkungan umum juga, for example sekolah. Seragam sekolah yang dulu terlihat sopan, sekarang jadi nggak karuan. Serba minimalis dan makin aneh. Rok mini, ketat, turun pinggang, ikat pinggang “kabur” dari kolongnya, etc. Emang trend setternya siapa sih???

Dewasa ini, mode yang digunakan untuk seragam sekolah putri tidak lagi mencerminkan siswi sekolah yang menjunjung tinggi nilai estetika dan kesopanan. Rok diper-mini…, baju diperketat…, tampak jelas deh tuh lekuk tubuh! Astaghfirullah!
Dengan adanya fenomena ini, banyak siswi yang akhirnya lebih memperhatikan penampilan dan pujian orang lain daripada belajar. Mereka seneng kalo dibilang cantik, seksi, dan sejenisnya. Wajar lah! Tapi kalo tugas belajarnya beralih jadi hobi nangkring di depan cermin, gimana? Emang nama-nama alat make up keluar di Ujian Nasional???

Di sisi lain, para siswa jadi nggak bisa konsentrasi belajar karena pemandangan aneh ini. Pantas aja kalo sering terjadi tindakan-tindakan amoral di kalangan pelajar, misalnya aja onani/masturbasi, perzinaan, pemerkosaan, de es be.

Pemerintah sebenarnya telah memberikan batasan yang jelas tentang model seragam sekolah. Model seragam itu haruslah sopan, sederhana, dan nggak menimbulkan kesan negatif bagi yang memandang. Seragam siswa terdiri atas kemeja dan celana biru (SMP) ato abu-abu (SMA), dan seragam siswi terdiri atas kemeja dan rok bawah lutut bagi yang tidak berkerudung ato kemeja lengan panjang dan rok panjang bagi yang berkerudung (tapi bagi muslimah, harusnya ya berkerudung, wong agama nyuruh gitu…). Jenis kain seragam terbuat dari bahan yang sama, biar nggak terjadi kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin. (Aturan kan dibuat untuk ditaati, bukan buat pajangan dinding doank!)

Meski udah ada batasan kayak gitu, tetep aja nggak ngaruh. Seragam sekolah seksi dianggap mode terbaru dan fenomena yang lumrah. Para orang tua pun nggak risau kalo putrinya pake baju model gitu, bahkan beberapa di antara mereka justru bangga. Sebaliknya, remaja putrid yang masih memegang teguh nilai-nilai luhur dan syariat Islam dalam berpakaian justru dianggap remaja kuper alias kurang pergaulan. Tak jarang mereka dapat perlakuan yang kurang baik dari teman dan keluarga. Siswi jilbaber emang harus lebih sabar kali ya?

Fenomena seragam seksi harusnya bukan jadi kebanggaan, melainkan jadi keprihatinan bersama karena seragam seksi lebih banyak mendatangkan musibah. Model dan trend kayak gitu jadi salah satu sarana yang lagi gencar-gencarnya diperjuangkan oleh musuh-musuh Islam untuk menghancurkan Islam. Anehnya, produk mereka malah laris manis terjual habis di kalangan kaum muslimin sendiri. Lho kok? Padahal Rasulullah SAW. telah bersabda:
“Dua golongan termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihat mereka, (satu kaum penguasa) yang membawa cambuk (besar) seperti ekor lembu, dengannya mereka memukul manusia, dan kaum wanita yang berpakaian tetapi telanjang, menggoda dan melenggok-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mendapati aromanya, padahal aromanya boleh didapat dari jarak perjalanan sekian dan sekian.” (Riwayat Muslim)

Waduh, boro-boro masuk surga! Wanginya aja nggak kebagian! Kalo tahu gini, masih pake pakaian seksi nggak ya?

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al A’raf : 23)

Daftar Rujukan :
Addin, Anaish. November 2008. Seragam Sekolah Seksi. El Fata, hlm. 53.

Tidak ada komentar: